Welcome To Gangsar Widiyanto's Blog

Kamis, 18 Oktober 2012

Perbandingan CBR 250 dan ZX 250


Honda CBR 250 cc

Kawasaki ZX 250




Soal engine pabrikan Honda CBR250R mengeluarkan engine single cylinder 249cc engine CS250RE DOHC  dibandingkan dengan Kawasaki Ninja 250R , 2 cylinder paralel twin 250cc.Engine Honda CBR 250R terlihat overbore, terlihat untuk mengantisipasi power dan compression rationya 10.7:1 relatif lebih kecil ketimbang Kawasaki Ninja 250R yang mempunyai compression ratio 11.6:1. Tidak heran berdasarkan info dari fasterandfaster ataupun berbagai forum di Thailand power Honda CBR250R ini hanya 26HP pada 8500RPM jauh lebih kecil dibandingkan power Kawasaki Ninja 25oR sebesar 31HP pada 11 ribu RPM.  Impact dari single cylinder terlihat Honda CBR250 mempunyai torsi yang lebih tinggi yatu 22.9Nm pada 7000RPM, ketimbang Kawasaki Ninja 250R yang hanya sebesar 20Nm. Fuel Consumption Honda CBR250R dilaporkan 27 km per liter sedangkan Kawasaki Ninja sekitar 26 km per liter

Dari engine memang terlihat power Kawasaki Ninja 250R lebih tinggi ketimbang Honda CBR250R Memang seperti pembahasan sebelumnya power multi cylinder relatif lebih tinggi ketimbang single cylinder. Namun demikian torsi Honda CBR 250R lebih tinggi ketimbang Kawasaki Ninja 250R. Mengngitung power to weight ratio (PWR) berat Honda CBR250R standard sebesar 161kg relatif lebih ringan ketimbang Kawasaki Ninja 250R sebesar 169kg. Honda CBR250R mempunyai Power to Weight Ratio (PWR) sebesar 0.161 HP/kg  relatif lebih kecil ketimbang Kawasaki Ninja sebesar 0.183HP/kg.

Mau bandingin tentang rasio gigi  terlihat jelas sekali kalau Honda gigi 1=3.333, gigi 2=2.118, gigi 3=1.571, gigi 4=1.301, gigi 5=1.115 dan gigi 6=0.963. Anda bandingkan dengan rasio gigi pada Kawasaki Ninja 250R gigi 1=2.600, gigi 2=1.789, gigi 3=1.409, gigi 4=1.160, gigi 5=1.000 dan gigi 6=0.893. Jadi dari sini apa yang bisa disimpulkan. Terlihat Kawasaki Ninja 250R memilih close gear ratio sedangkan Honda CBR 250R lebih ke wide gear ratio. Impactnya jelas jika harus balapan di circuit jelas lebih menguntungkan close gear ratio ketimbang wide gear ratio.  Sudah jadi rahasia umum bahwa jika mau balapan close gear ratio menjadi favorit pilihan mekanik ketimbang wide gear ratio. Namun jika medannya stop and go,.. Honda CBR 250R lebih diuntungkan dengan memilih wide gear ratio.
Sistem suppy bahan bakar Honda CBR 250R menggunakan injeksi sedangkan Kawasaki Ninja 250R menggunakan carburator. Jika konsumen tergolong ‘speed freak’ tentu akan memilih carburator apalagi dengan leluasa bisa mengganti dengan carbu yang lebih besar.. ataupun menggunakan CDI racing langsung Sebaliknya penggunaan injeksi relatif lebih mudah tidak perlu lagi misalnya carbu syncronize etc jadi bagi konsumen yang ndak suka ngoprek-ngoprek atau tidak suka speed ya bisa memilih Honda CBR 250R.

Bagaimana dengan suspensi kedua motor ini  Perbandingan suspensi antara Honda CBR 250R dengan Kawasaki Ninja 250R relatif sama. Untuk suspensi depan sama-sama menggunakan 37mm telescopic fork dan untuk suspensi belakang sama-sama menggunakan monoshock.




Dikutip dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar